Monday, July 7, 2014

Bakso Pak Kumis Sejak Tahun 70-an

Di sudut kota manapun, apalagi di Kota Jakarta pasti memiliki banyak pilihan tempat untuk berwisata kuliner. Nah, jika anda kebetulan sedang berada di kawasan Jakarta Selatan, mungkin bisa menyempatkan waktu mampir ke Lapangan Blok S, Kebayoran Baru. Tepatnya di sepanjang pinggiran Lapangan Blok S, anda akan menemukan banyak pedagang makanan yang siap memuaskan rasa lapar anda. Jika anda penggemar berat bakso, jangan sampai lewatkan kesempatan mencicipi kelezatan bakso Pak Kumis di Lapangan Blok S yang letaknya cukup dekat dengan Kartika Chandra Jakarta Hotel Jakarta Selatan.

Bakso Pak Kumis bukanlah penjaja bakso yang baru kemarin sore, tempat ini sudah ada sejak tahun 1970 silam. Dulunya bakso ini dijual keliling menggunakan gerobak di daerah Prapanca, Jakarta Selatan, namun kini sudah menetap di Lapangan Blok S.


Bakso Pak Kumis Dekat Kartika Chandra Hotel Jakarta Selatan


Nama Pak Kumis sendiri diambil dari nama pemilik warung bakso tersebut. Nama aslinya bernama H.M  Zein. Namun, Pak Kumis sudah meninggal sejak 11 tahun silam. Sejak Pak Kumis wafat, yang kemudian mengelola warung ini adalah anak pertamanya bernama Idam Kholid.

Salah satu pelanggan setianya yang bernama Rido mengaku banyak tahu tentang Bakso Pak Kumis karena sudah menjadi pelanggan sejak warung makan ini pindah dan menetap di Lapangan Blok S. Ia mengaku hampir setiap hari makan di warung bakso yang sudah berusia 44 tahun ini.

Selain sudah ada di Lapangan Blok S sejak tahun 87-an, Bakso Pak Kumis juga menjadi perintis munculnya pedagang-pedagang makanan lain yang berjualan di kawasan ini. Semula memang hanya bakso Pak Kumis yang berjualan disini, tapi lama kelamaan banyak pedagang lain yang ikut jualan disini.

Berbeda dengan bakso pada umumnya, Bakso Pak Kumis tidak menambahkan mie atau bihun ke dalam racikannya. Selain itu, anda pun harus rela antre sebelum berhasil mendapatkan bakso yang besarnya seukuran bola tenis ini. Jangan heran, karena disini Anda harus meracik pelengkap bakso sesuai selera, mulai dari mengambil mangkuk sendiri hingga menaruh garam, seledri, kecap, dan sambal ke dalam mangkok. Setelah selesai meracik semua bumbu-bumbunya, Anda dapat meminta bakso kepada pelayan yang sudah siap menunggu kedatangan mangkok bakso Anda. Bakso Pak Kumis hanya menyediakan dua variasi bakso, yakni bakso daging cincang dan bakso urat. Jangan khawatir, karena bakso tersebut bisa Anda nikmati sebelum membayarnya.

Saat menggigitnya pertama kali, anda akan merasakan kelembutan di tiap tekstur baksonya. Sambalnya juga tidak terlalu pedas, jadi bagi anda yang tidak menyukai pedas masih bisa mencicipi sambalnya. Kuah baksonya pun tak kalah lezat, rasa karinya yang kental akan membuat Anda tidak sadar jika anda telah menghabiskannya. Bagi Ridho, Bakso Pak Kumis sangat lezat dan tidak ada duanya. Yang paling enak memang rasa kuahnya yang sangat terasa karinya, benar-benar istimewa.

Bakso Pak Kumis - Bakso Cincang

Kartika Chandra Hotel Pilihan Menginap di Jakarta Selatan

Kartika Chandra Hotel Jakarta Selatan

Berada sekitar 3 km dari Bakso Pak Kumis, anda yang kebetulan ingin menginap di hotel bisa memilih Kartika Chandra Hotel sebagai pilihan menginap. Salah satu hotel di Jakarta Selatan ini berada tepat di samping Planet Hollywood Jakarta, Kartika Chandra berjarak hanya 15 menit jalan kaki dari Plaza Semanggi Shopping Mall. Hotel ini memiliki kolam renang outdoor, gym, dan spa. Hotel juga menawarkan 3 pilihan tempat bersantap dan sebuah salon kecantikan.

Hotel ini berjarak 20 menit berkendara dari daerah Sudirman-Thamrin dan 1,5 jam berkendara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kamar-kamar ber-ACnya dilengkapi dengan TV kabel, minibar, dan telepon. Kamar mandi dan suite memiliki fasilitas air panas dan dingin. Kamar-kamar tertentu menawarkan pemandangan kolam renang.

Prambanan Café menyajikan hidangan lokal Indonesia, sementara Parangtritis Restaurant menawarkan hidangan laut. Pilihan lainnya, Chandra Lounge menawarkan minuman, ditemani dengan hiburan musik live. Bersantap di dalam kamar juga memungkinkan.

Anda dapat bermain tenis atau squash, bernyanyi di ruang karaoke, atau menggunakan pusat bisnis. Wi-Fi dapat diakses secara gratis di area umum dan dari lantai 2 hingga 5.

Kartika Chandra Hotel Jakarta Selatan menyediakan meja depan 24 jam dan dapat membantu dengan layanan penitipan bagasi, binatu, dan penukaran mata uang. Meja layanan wisata dan toko suvenir juga tersedia, dan ruang parkir tersedia secara gratis.


No comments:

Post a Comment